Skip to main content

Ulang Tahun



Apa yang terbayang di kepala Anda kalau mendengar kata ULANG TAHUN? Yup... pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya kado, usia bertambah, dan makan-makan. Setuju? Tetapi apakah hanya sebatas itu saja makna dari ulang tahun?

Waktu saya masih kecil, apabila ada anggota keluarga yang berulang tahun, bisa dipastikan hari itu akan tersaji menu makanan yang istimewa. Telur rebus berwarna merah, misoa [mian sian], tahu isi daging, kacang polong 'maling', dan tidak ketinggalan ayam goreng adalah menu wajib.

Mungkin ada yang bertanya, kenapa ayam goreng digolongkan sebagai menu istimewa? Yup. Karena waktu saya masih kecil, yang namanya makan ayam adalah sangat jarang. Tidak seperti sekarang -terutama di kota-kota besar- menu ayam ada di mana-mana dan disajikan dengan berbagai macam ramuan yang mengundang selera. Di Pemangkat –kota kelahiran saya- hanya saat ada momen tertentu saja kita makan ayam, dan salah satunya adalah ulang tahun :)

Selain makanan, satu hidangan yang harus ada adalah kue ultah dengan jumlah lilin yang menunjukkan usia. Beda dengan sekarang di mana lilin sudah dalam bentuk huruf, sehingga kalau usia 8 tinggal pasang lilin dalam bentuk angka 8. Dulu tidak begitu. Sehingga kalau ada yang berulang tahun ke-8, maka lilin yang disiapkan adalah 8 batang dan harus ditiup sendiri hingga semua lilin padam. Jadi bisa dibayangkan seandainya yang berulang tahun usianya sudah kepala 2,3, atau 6. Kasihan kan he he ...

Tidak banyak kenangan berarti ketika saya melewati ulang tahun, termasuk ke-17 yang kata orang-orang harus dirayakan secara besar-besaran. Saya tidak pernah melakukan pesta ulang tahun dengan mengundang teman-teman, apa lagi mengadakan pesta di gedung-gedung atau tempat bergengsi lainnya. Bagi saya, kehadiran keluarga dan ucapan syukur karena bertambahnya usia dan kedewasaan sudah jauh dari cukup.

Momen ulang tahun biasanya saya habiskan dengan melakukan refleksi. Apa saja hal yang sudah saya capai dan lakukan sepanjang tahun. Tidak ketinggalan hal-hal apa yang menjadi target dan sasaran untuk saya gapai di tahun mendatang. Prinsip saya, tidaklah penting seberapa heboh, ramai, dan meriahnya sebuah ulang tahun dirayakan. Bagi saya, dari lubuk hati yang terdalam ada bisikan: terima kasih Tuhan untuk usia yang bertambah, karena saya tahu sebanyak itu juga pemeliharaan dan pimpinanMu yang nyata atas hidup saya.

Ajar aku Tuhan, untuk menghitung hari-hariku
sedemikian sehingga aku beroleh hati yang bijaksana
untuk melewati dan menggunakannya
dengan penuh tanggungjawab dan bermakna ...

* * *

31 Januari 1979, di sebuah rumah sakit kota Purwokerto, sepasang suami-istri sedang berbahagia karena dikarunia anak ke-2, putri pertama yang sehat dan kuat dari pernikahan mereka, yang kelak mereka namai Fransisca Widjaja.

Selamat ulang tahun, istriku ... Tuhan memberkatimu.


-Hendri Bun-

bun.hendri@gmail.com; www.bunhendri.com

Comments

Popular posts from this blog

Pelatihan Leadership Forum Generasi Baru Bank Indonesia (GENBI) Se-Jawa Barat - Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat

Senang bisa menjadi bagian dari Forum Leadership Generasi Baru Indonesia Se-Jawa Barat. Satu pesan yang saya titipkan ke peserta adalah 'secerdas dan sepintar apapun Anda, kalau tidak mampu mengkristalkan ide dan pikiran terbaik Anda dalam bentuk lisan (presentasi) atau tulisan (menulis), maka Anda akan dianggap tidak ada'. Sepakat? Yaksip! ... ... Repost @bank_indonesia_jabar Hi... SobatJabar! Telah berlangsung Leadership Forum Generasi Baru Indonesia se-Jawa Barat, pada 17-18 November 2022 yang bertempat di Hilton Bandung. Bersinergi dengan BI Cirebon dan BI Tasikmalaya, Leadership Forum dihadiri oleh sekitar 400 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia se-Jawa Barat baik secara daring maupun luring. Seluruh peserta secara aktif mengikuti workshop writing skills dan social media content planning oleh fasilitator yang edukatif dan informatif. Leadership Forum yang diadakan oleh Bank Indonesia untuk Generasi Baru Indonesia ini tidak lain adalah untuk membentuk

Radio Talk: Logoterapi

Ketika seseorang menemukan makna hidupnya, maka orang tersebut akan tangguh ketika dihadang sumber stressor. Bukan sekedar bertahan, tetapi bangkit dan mantul. Itulah RESILIENT. Everything can be taken from a man but one thing: the last of human freedoms - to choose one's attitude in any given set of circumstances, to choose one's own way (Viktor E. Frankl)   Thanks Heartline Network untuk kesempatan berbagi. Ganbatte!!! ... #ResilientGeneration #MitraPembelajar #RadioTalk #Resilient #BeResilient #SelfReminder

Inisiatif - Kemampuan yang Akan Mengubah Hidup Kita

Kemampuan untuk mau mengambil inisiatif akan mengubah dan menyelamatkan hidup kita. Secara definisi, inisiatif adalah:  ... the ability to solve problems and take actions by thinking of the solutions rather than being told or ordered what to do ... kemampuan untuk memecahkan masalah dan mengambil tindakan dengan memikirkan solusi daripada menunggu atau diperintahkan apa yang harus dilakukan #ResilientGeneration #WomenMinistryGBIDM #MitraPembelajar #SharingIsGrowing #SharingIsLearning #PeopleDevelopment