Skip to main content

Hitunglah Berkatmu dan Bersyukurlah!

Bersyukurlah untuk apapun yang telah Anda miliki, maka Anda akan memiliki lebih dari apa yang Anda miliki saat ini. Jika Anda berkonsentrasi pada apa yang tidak dapat Anda miliki, maka Anda tidak akan pernah merasa cukup.
-- Oprah Winfrey --

Salah satu tips praktis untuk mencegah stress yang saya anjurkan dalam training "Stress Management Skill" yang saya pandu adalah membuat daftar syukur. Menghitung dan bersyukur dengan anugerah yang kita terima adalah latihan yang bagus sekali. Buatlah daftar hal-hal yang telah diberikan Tuhan kepada kita, yakni hal-hal yang membuat hidup kita menjadi indah.

Cobalah buat daftar hal yang kita syukuri. Daftar tersebut bisa berisi orang-orang yang kita kasihi, kebutuhan yang tersedia, dan kesempatan yang kita dapatkan. Daftar tersebut juga bisa berisi segala hal yang ada di dunia seperti matahari, bintang-bintang, gunung dsb. Juga bisa berisi hal-hal yang kita sukai seperti kopi atau es krim. Perhatikanlah setiap detail kehidupan kita. Ingatlah hal-hal yang mungkin terlewatkan. Mulailah dari hal-hal yang kecil.

Banyak dari kita bangun pagi dan langsung memikirkan masalah yang harus kita hadapi. Akibatnya kita sering terjebak dalam masalah yang ujungnya meningkatkan stress. Latihan ini akan menolong kita untuk menggeser fokus kita dari hal-hal yang salah (baca: masalah) kepada hal-hal yang luar biasa dan indah. Latihan ini bertujuan untuk menolong kita melihat ‘luasnya anugerah’ dari pada setitik noda tinta’ dalam kehidupan kita.

Berikut adalah beberapa daftar syukur yang bisa kita syukuri:
- Sinar matahari
- Kaos kaki bersih
- Pelukan istri/suami
- Aroma kopi
- Rekan kerja yang menyenangkan
- Lagu dari radio
-
-
- ... tambahkan yuk!

Membuat daftar syukur akan menolong kita untuk menyadari bahwa Tuhan dengan setia menyediakan apa yang kita butuhkan. Dan itu alasan kita tidak kuatir dan stress dalam menjalani hidup. Setuju? Yaksip!
.
.
#StressManagementSkill
#MitraPembelajar
#BeGrateful
#HendriBun
#TrainingSDM
#PelatihanSDM

Comments

Popular posts from this blog

Pelatihan Leadership Forum Generasi Baru Bank Indonesia (GENBI) Se-Jawa Barat - Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat

Senang bisa menjadi bagian dari Forum Leadership Generasi Baru Indonesia Se-Jawa Barat. Satu pesan yang saya titipkan ke peserta adalah 'secerdas dan sepintar apapun Anda, kalau tidak mampu mengkristalkan ide dan pikiran terbaik Anda dalam bentuk lisan (presentasi) atau tulisan (menulis), maka Anda akan dianggap tidak ada'. Sepakat? Yaksip! ... ... Repost @bank_indonesia_jabar Hi... SobatJabar! Telah berlangsung Leadership Forum Generasi Baru Indonesia se-Jawa Barat, pada 17-18 November 2022 yang bertempat di Hilton Bandung. Bersinergi dengan BI Cirebon dan BI Tasikmalaya, Leadership Forum dihadiri oleh sekitar 400 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia se-Jawa Barat baik secara daring maupun luring. Seluruh peserta secara aktif mengikuti workshop writing skills dan social media content planning oleh fasilitator yang edukatif dan informatif. Leadership Forum yang diadakan oleh Bank Indonesia untuk Generasi Baru Indonesia ini tidak lain adalah untuk membentuk

Radio Talk: Logoterapi

Ketika seseorang menemukan makna hidupnya, maka orang tersebut akan tangguh ketika dihadang sumber stressor. Bukan sekedar bertahan, tetapi bangkit dan mantul. Itulah RESILIENT. Everything can be taken from a man but one thing: the last of human freedoms - to choose one's attitude in any given set of circumstances, to choose one's own way (Viktor E. Frankl)   Thanks Heartline Network untuk kesempatan berbagi. Ganbatte!!! ... #ResilientGeneration #MitraPembelajar #RadioTalk #Resilient #BeResilient #SelfReminder

Coaching Session Responding Change at Work - Learning Through Play

Play is our brain's favourite way of learning. Yaksip! Thanks untuk kompilasinya. Kerennn 👍👍👍   ... #LearningThroughPlay #SharingIsLearning #SharingIsGrowing #ResilientGeneration