Skip to main content

6 Seconds Rule


Sebuah kisah inspiratif masuk ke WA saya. Kisah tentang seekor ular yang masuk ke gudang tempat kerja seorang tukang kayu. Saat ia meliukkan badannya kesana kemari, tanpa sengaja ia merayap di atas gergaji. Karena tajam, perutnya pun terluka. Ular beranggapan dan merasa gergaji itu adalah musuh yang menyerangnya. Sebagai bentuk pertahanan diri, ia pun membalas dengan mematuk gergaji itu berulang-ulang. Namun serangan itu sia-sia, malah menyebabkan luka parah di mulutnya. Marah dan putus asa, ia mengerahkan kemampuan terakhirnya dengan membelit kuat-kua gergaji itu. Alhasil, si ular terluka amat parah dan akhirnya mati.

Kisah di atas adalah refleksi bahwa kemarahan adalah hal yang sia-sia. Amarah kerap membuat kita kalap sehingga cenderung melakukan hal-hal yang merusak. Bukan hanya kepada objek amarah kita, tetapi juga untuk emosi dan kestabilan jiwa kita. Banyak survei yang mengaitkan perasaan marah dengan kesehatan, yang menyimpulkan bahwa marah membuat kita rentan sakit dari sakit ringan sampai parah.



Bagaimana caranya supaya kita tidak terjebak dalam amarah yang sia-sia? Satu tips yang mungkin berguna adalah membiasakan diri mengambil waktu sekitar 6 detik untuk berdiam diri. Seperti dikutip dari 6seconds.org, waktu selama 6 detik tersebut bisa dipakai untuk mengambil nafas panjang, minum, bangun dari tempat duduk, atau melakukan kegiatan ringan lainnya. Tindakan tersebut kelihatan sederhana, tetapi diyakini mampu membuat kita berpikir lebih jernih sehingga tindakan bodoh karena marah bisa dihindari.

1 ... 2 ... 3 ... 4 ... 5 ... 6 ... Done. Selama itulah waktu yang dibutuhkan untuk menetralisir emosi. Dan yang paling penting mampu menghindari kita dalam bertindak ceroboh yang ujungnya menimbulkan penyesalan.

Selain berdiam selama 6 detik, tentu banyak cara lain yang bisa kita gunakan. Tetapi tidak ada salahnya kita mencoba bukan? Tiap ada stimulus yang memancing kita untuk bertindak secara emosi negatif, berhitunglah selama 6 detik. Percayalah, waktu selama 6 detik akan membuat perbedaan.
.
.

-Hendri Bun
#SixSecondsRule
#AngerManagement
#StressManagementSkill
#MitraPembelajar
#HendriBun
#TrainingSDM - Training SDM
#PelatihanSDM - Pelatihan SDM

Comments

Popular posts from this blog

555 GAME

2009: saya menyusun sebuah buku yang berisi permainan-permainan yang bisa dilakukan untuk pertemuan-pertemuan seperti pelatihan, seminar, training, workshop, 17-an, gathering, fellowship, dll. Saya beri judul '300 Game Kreatif' karena berisi 300 game atau permainan yang bisa dilakukan untuk menghidupkan suasana. Bersyukur buku ini mendapat sambutan hangat sehingga cetak ulang 4 kali. . 2014: saya revisi buku '300 Game Kreatif' dengan menambahkan sejumlah permainan sehingga jumlah permainan yang bisa dimainkan menjadi 505. Jadilah buku ini saya beri judul '505 Game'. . 2019: karena masih ada rekan/teman/klien yang bergelut di bidang pelatihan dan pengembangan SDM menanyakan buku ini, kembali saya melakukan revisi sembari menambahkan 50 permainan sehingga total menjadi 555. Buku ini sudah ready. Tidak beredar di toko buku karena saya cetak sendiri. . . Apabila ada teman yang berminat, silakan japri ya. Yaksip! . Pelatihan dan Pengembangan SDM . #5

Video: Liputan Seminar Teknik Melamar Kerja dan Interview - Univ Bina Sarana Informatika

Inilah keseruan kegiatan Seminar Teknik Melamar Kerja prodi Administrasi Bisnis semester 4 yang telah dilaksanakan pada 4 Juli 2019 di Aula UBSI Kampus Jatiwaringin. . Be grateful. Sharing mengenai Teknik Melamar Kerja dan Interview yang dikaitkan dengan Revolusi Industri 4.0 di depan 600 mahasiswa (3 sesi @200 orang) Universitas Bina Sarana Informatika Prodi Administrasi Bisnis. . Semoga bermanfaat dan segera mendapat pekerjaan ya. . Apabila organisasi/perusahaan Anda membutuhkan training atau pelatihan dengan tema serupa ataupun ada kebutuhan training SDM atau pelatihan SDM lainnya, silakan WA saya di 0815 8963 889. . #MitraPembelajar #UniversitasBinaSaranaInformatika #USBI #TeknikMelamarKerjaDanInterview #RevolusiIndustri4 #YaksipMoment #HendriBun

Sehat dan Bahagia ala Stoic di Era Pandemi Covid19 : Conclusion - RadioTalk Hendri Bun

Masa pandemi Covid 19 mengharuskan kita untuk memilih. Pilihan ada di kita, dalam mental pikiran kita. Ajaran Stoic yang sederhana memberikan tips yang powerful untuk menjalani hidup dan menembus kesulitan dan kekuatiran sehingga kita bisa sehat dan bahagia. - ... ... #RadioTalk #HeartlineFM #MitraPembelajar #HendriBun #TrainingSDM #PeopleDevelopment