Skip to main content

Belief - Action - Growth : Kunci BELAJAR menghadapi IR 4.0



Sampai usia 30 tahun saya tidak bisa berenang. Bagi saya, berenang adalah hal yang mustahil. Ditambah lagi usia yang beranjak, tertanam di pikiran saya susah untuk bisa belajar berenang.

Pola pikir itu terusik saat anak pertama saya menginjak usia 3 tahun. Layaknya anak kecil pada umumnya, main air adalah hal yang mereka dia sukai. Jadi sering dia ajak saya ke kolam renang. Ibarat gayung bersambut, kebetulan sekali kompleks saya baru buat sport club dan ada fasilitas spesial untuk penghuni. Jadilah kami mendapat arena untuk cemplung.

Awalnya saya biasa saja, hanya ikut di kolam anak-anak. Lama kelamaan, timbul pikiran seandainya suatu saat anak saya sudah besar dan bisa berenang, masa saya tetap cemplung di kolam dangkal? Ataupun kalau masuk ke kolam umum, masa saya hanya berenang ala ikan sapu-sapu alias main-main di pinggir kolam saja. Pikiran itu menumbuhkan keinginan dalam diri saya untuk bisa berenang.

Hal pertama yang saya bangun adalah keyakinan bahwa saya bisa berenang. Apakah gampang? Tidak. Sangat susah. Pertama saya mencoba, tidak berhasil. Coba lagi, gagal. Coba lagi, gagal. Ketika kegagalan berulang saya alami, keyakinan saya goyang. Benak saya berperang: apakah benar saya bisa berenang?

Tujuan yang jelas akan menggerakkan kita untuk mengejarnya. Itulah yang terjadi. Ketika keyakinan saya lemah, saya melihat lagi tujuan saya untuk bisa berenang, yaitu bisa menemani anak saya. Tujuan ini menggerakkan saya untuk berusaha lebih keras. Dengan kata lain, saya mempertebal keyakinan saya. Saya pun berlatih-lihat progress-latih-progress-latih-progress-latih-progress... hingga sampai satu titik: saya petik hasilnya.



Bercermin dari pengalaman ini, saya mencoba membingkainya menjadi proses belajar yang saya bagi dalam 3 tahap. Pertama adalah BELIEF, artinya keyakinan kita bisa melakukan sesuatu adalah driven yang kuat untuk kita belajar. Setelah belief kita mantap, langkah kedua adalah ACTION. Langkah inilah ujian sesungguhnya keyakinan kita. Bisa dipastikan kita akan mengalami jatuh-bangun berulang. Tetapi itulah yang saya sebut sebagai BELAJAR. Kalau kita bertahan, maka kita akan masuk gerbang sekaligus tahap ketiga GROWTH, yang artinya kita sudah berkembang dan belajar sesuatu.

Dan itulah proses yang terjadi pada diri saya dalam hal BELAJAR RENANG. Bangun BELIEF bahwa saya bisa berenang; ACTION dengan belajar renang; resultnya adalah GROWTH berupa bisa berenang sebagai hasil belajar.
.
.
#Belief-Action-Growth
#MitraPembelajar
#HendriBun
#TrainingSDM
#PelatihanSDM
#PelatihanDanPengembanganSDM

Comments

Popular posts from this blog

Pelatihan Leadership Forum Generasi Baru Bank Indonesia (GENBI) Se-Jawa Barat - Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat

Senang bisa menjadi bagian dari Forum Leadership Generasi Baru Indonesia Se-Jawa Barat. Satu pesan yang saya titipkan ke peserta adalah 'secerdas dan sepintar apapun Anda, kalau tidak mampu mengkristalkan ide dan pikiran terbaik Anda dalam bentuk lisan (presentasi) atau tulisan (menulis), maka Anda akan dianggap tidak ada'. Sepakat? Yaksip! ... ... Repost @bank_indonesia_jabar Hi... SobatJabar! Telah berlangsung Leadership Forum Generasi Baru Indonesia se-Jawa Barat, pada 17-18 November 2022 yang bertempat di Hilton Bandung. Bersinergi dengan BI Cirebon dan BI Tasikmalaya, Leadership Forum dihadiri oleh sekitar 400 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia se-Jawa Barat baik secara daring maupun luring. Seluruh peserta secara aktif mengikuti workshop writing skills dan social media content planning oleh fasilitator yang edukatif dan informatif. Leadership Forum yang diadakan oleh Bank Indonesia untuk Generasi Baru Indonesia ini tidak lain adalah untuk membentuk

Radio Talk: Logoterapi

Ketika seseorang menemukan makna hidupnya, maka orang tersebut akan tangguh ketika dihadang sumber stressor. Bukan sekedar bertahan, tetapi bangkit dan mantul. Itulah RESILIENT. Everything can be taken from a man but one thing: the last of human freedoms - to choose one's attitude in any given set of circumstances, to choose one's own way (Viktor E. Frankl)   Thanks Heartline Network untuk kesempatan berbagi. Ganbatte!!! ... #ResilientGeneration #MitraPembelajar #RadioTalk #Resilient #BeResilient #SelfReminder

Coaching Session Responding Change at Work - Learning Through Play

Play is our brain's favourite way of learning. Yaksip! Thanks untuk kompilasinya. Kerennn 👍👍👍   ... #LearningThroughPlay #SharingIsLearning #SharingIsGrowing #ResilientGeneration