Skip to main content

Radio Talk: Narcissistic Personality Disorder - Heartline Network

Senang kembali mendapat kesempatan sharing di Radio Heartline Network. Kali ini mengambil tema Narcissistic Personality Disorder, suatu penyakit kepribadian di mana seseorang menganggap dirinya sangatlah penting dan memiliki kebutuhan untuk sangat dikagumi (menurut American Psychiatric Association. "Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder").


Narcissistic Personality Disorder adalah 
  • Kkondisi orang yang menganggap dirinya jauh lebih penting dari orang lain,
  • Memiliki kebutuhan yang tinggi untuk dipuji atau dibanggakan,
  • Memiliki empati yang rendah terhadap orang lain.
  • Akan tetapi dibalik rasa percaya diri yang begitu tinggi sebenarnya ia memiliki rasa percaya diri yang rapuh dan mudah runtuh hanya dengan sedikit kritikan.


Pembahasan selengkapnya bisa lihat langsung di channel Youtube Heatline Network: https://www.youtube.com/watch?v=XloQde00AmA

 
#Mitra Pembelajar
#HeartLine FM
#Sketsa Keluarga Indonesia
#Narcissistic Personality Disorder
#Self Reminder
#Training SDM
#People Development

#Hendri Bun

Comments

Popular posts from this blog

555 GAME

2009: saya menyusun sebuah buku yang berisi permainan-permainan yang bisa dilakukan untuk pertemuan-pertemuan seperti pelatihan, seminar, training, workshop, 17-an, gathering, fellowship, dll. Saya beri judul '300 Game Kreatif' karena berisi 300 game atau permainan yang bisa dilakukan untuk menghidupkan suasana. Bersyukur buku ini mendapat sambutan hangat sehingga cetak ulang 4 kali.
.
2014: saya revisi buku '300 Game Kreatif' dengan menambahkan sejumlah permainan sehingga jumlah permainan yang bisa dimainkan menjadi 505. Jadilah buku ini saya beri judul '505 Game'.
.
2019: karena masih ada rekan/teman/klien yang bergelut di bidang pelatihan dan pengembangan SDM menanyakan buku ini, kembali saya melakukan revisi sembari menambahkan 50 permainan sehingga total menjadi 555. Buku ini sudah ready. Tidak beredar di toko buku karena saya cetak sendiri.
.

.
Apabila ada teman yang berminat, silakan japri ya. Yaksip!
.
Pelatihan dan Pengembangan SDM
.
#555Game
#Hendri…

HB Quote #2

Jangan pernah membandingkan hidupmu dengan orang lain. Setiap orang memiliki garis start yang berbeda. Fokuslah untuk tetap di jalurmu dan berusaha menyelesaikannya dengan baik.
.
#SelfAcceptance
#SelfReminder
#ClearFocus
#HBQuote

Ketika Era Revolusi Industri 4.0 Datang ...

Paul Stoltz dalam bukunya yang berjudul Adversity Quotient (Kecerdasan Mengatasi Kesulitan) membagi orang dalam 3 kategori besar. Kelompok pertama adalah Quitters dengan total populasi sekitar 10%. Kelompok kedua adalah kelompok mayoritas sebesar 87% yang disebut Campers. Dan kelompok ketiga adalah Climbers dengan populasi hanya 3%.

Menarik untuk disimak adalah bagaimana respon masing-masing kelompok saat ada perubahan?

Ketika perubahan hadir, maka kelompok Quitters akan menolak untuk berubah, melawan arahan, lari dari tanggungjawab, serta menghindari perubahan. Mereka akan berdalih dengan kata-kata seperti tidak dapat, tidak mau, mustahil, caranya memang selalu begini, saya terlalu tua/muda, saya bisa kalau saya mau, dan sejenisnya.

Kelompok Campers memiliki respon yang lebih baik. Mereka akan menahan diri dan mengambil posisi wait and see terhadap perubahan. Ketika ada perubahan yang radikal, mereka paling mentok menjadi peserta pasif, bukan pemrakarsa.

Climbers adalah kelompok ya…